Rabu, 30 Desember 2015

Pengertian produk dan sistem klaim asuransi kesehatan

pengertian asuransi kesehatan
Pengertian asuransi kesehatan, saat ini biaya pengobatan sangatlah mahal, kita terkadang terlalu sibuk dengan kegiatan sehari-hari sehingga kita lupa dengan kesehatan yang harus kita jaga, sehingga saat kita sakit dengan tiba-tiba atau mengalami sebuah resiko yang tidak di sengaja. Akhirnya, kita menjadi bingung sendiri karena tidak memiliki biaya untuk biaya tersebut. Itulah mengapa anda memerlukan sebuah perlindungan yang dapat menjamin kesehatan anda yaitu asuransi kesehatan.

Asuransi kesehatan ialah suatu produk asuransi yang dapat menanggung biaya kesehatan atau perawatan seseorang atau sebuah keluarga bila salah satu anggota asuransi tersebut mengalami kecelakaan atau terkena serangan penyakit. Secara umum ada dua jenis perawata/pengobatan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi kesehatan, yakni rawat inap atau In-patient Treatment dan Rawat jalan atau Out patient Treatment. Berikut penjelasannya untuk anda agar anda lebih memahaminya dan mengerti tentang produk-produk asuransi.

Beberapa produk asuransi kesehatan yaitu :

  • Rawat Jalan

Untuk produk asuransi kesehatan rawat jalan ini yang ditanggung oleh perusahaan biaya dokter, diagnosis/lab, dan obat yang diberikan oleh dokter maupun rumah sakit. Biaya jaminan yang diberikan umumnya ditetapkan dari batasan maksimum dari tiap-tiap komponen kunjungan/tahun dan berapa banyak frekuensi maksimum kunjungan dalam setahun. Batasan ini juga dapat berlaku dengan mewajibkan rujukan dokter umum sebelum anda mengunjungi dokter spesialis, atau pertanggungan akan diberikan hanya apabila layanan kesehatan oleh penyedia layanan ynag tercatat. Asuransi rawat jalan umumnya hanya satu dari manfaat tambahan dari rawat inap yang anda pilih.

  • Rawat Inap

Cangkupan biaya yang di jamin oleh asuransi kesehatan dengan produk rawat inap ini ialah biaya rumah sakit, biaya kamar, layanan dokter, obat-obatan, lab/Penunjang diagnostik, pembedahan dan lainya. Biasanya untuk asuransi rawat inap ini dilakukan berdasarkan dengan kelas kamar.

Untuk cara mengklaim atau mengurus biaya penggantian ada 2 cara yang disediakan oleh asuransi kesehatan yaitu sistem penggantian (reimbursement) dan penggantian sistem provider.

  • Sistem Reimbursement

Cara sistem reimbursement ini berkerja dengan peserta harus membayar biaya rumah sakit atau biaya penyembuhan dengan uangnya sendiri, setelah itu baru bisa diklaim dengan meminta biaya penggantian kepada perusahaan asuransi. Dengan membeli sistem reimbursement anda pun dapat memiliki kebebasan dalam memilih rumah sakit, namun dengan biaya maksimum yang telah ditetapkan di awal. Cara klaim dalam sistem ini dengan cara  melampirkan kelengkapan surat-surat adminitrasi sebagai syarat paling utama sebagai pernggantian biaya yang anda keluarkan sebelumnya agar bisa diganti oleh perusahaan asuransi. Lamanya saat pencairan klaim bergantung dengan layanan yang didapatkan, akan tetapi biasanya sekitar pada tuju hari kerja.

  • Sistem Provider

Beda dengan sistem reimbursement, untuk sistem provider anda sebagai nasabah untuk mengklaim asuransi cukup dengan menggunakan kartu, anda tidak perlu membayar biaya rumah sakit tersebut. Namun, untuk layanan ini kita tidak bisa memilih rumah sakit sesuai keinginan kita, rumah sakit ataupun klinik sudah di tentukan oleh pihak asuransi kesehatan yaitu klinik/rumah sakit yang sudah bekerja sama dengan perusahaan asuransi tersebut.

Beberapa hal diatas disediakan agar anda lebih mengerti apa itu asuransi kesehatan dan produk apa saja yang cocok untuk anda dan kelaurga.

Baca juga artikel tentang :